Santri Belajar di Alam Terbuka

(many_red) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) acapkali dijadikan sebagai sebuah proses yang sangat menentukan output dari sebuah hasil pembelajaran disuatu lembaga pendidikan. Tentu saja hal ini sangat berkaitan dengan proses transfer ilmu pengetahuan dari seorang guru ke siswa. Sejalan dengan perkembangan kurikulum pendidikan di negara Indonesia (dekade terakhir dari KTSP ke kurikulum 2013), maka seluruh mekanisme pembelajaran, baik itu model pembelajaran, media pembelajara, sistem pengaturan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang ada, dan lain sebagainya, juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu elemen perubahan tersebut dalam proses pembelajaran adalah Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan yang disingkat dengan PAIKEM. 
Dengan berbagai ragam metoda dan sarana yang semakin terbuka luas menjadikan lembaga pendidikan formal meningkatkan responsibility nya dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang menyenangkan yaitu belajar di alam terbuka. Hal tersebut bisa saja dilakukan kapan saja, menggunakan alam sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, belajar bukan hanya dengan pendekatan in-door, tapi juga out-door.
MA Nurul Yakin berupaya diterapkannya proses pembelajaran sebagaimana dimaksud diatas. Hal ini dapat juga bertujuan untuk mengatasi kejenuhan siswa dan guru saat menjalani kegiatan belajar mengajar yang ada.

"Alam Terkembang Jadi Guru"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN SANTRI BARU TAHUN 2018

PENGEMBARAAN PENEGAK PANDEGA 2014